Powered By Blogger

Sabtu, 26 Maret 2011

Video Ship Launching (peluncuran kapal)










yang di atas namanya end launching (launchingnya arahnya ke depan-belakang)

yang di bawah ini namanya side launching (peluncuran samping)
ada 2 tipe side launching: 
  • long side launching, peluncuran dengan penyangga panjang sampai kedalaman beberapa meter di bawah permukaan air 




  • short side launching, peluncuran kapal dengan menggunakan penyangga pendek hanya sampai batas bibir dermaga










Biasanya pada short side launching keadaan lebih tegang daripada long side launching ataupun end side launching,karena emang agak nyaris terbalik kapalnya.

Penyangga pada saat ship launching dahulu (sampai sekarang mungkin) pada tempat di mana badan kapal bersentuhan dengan penyangga kapal di lapisi oeh kulit pisang, karena pertimbangan biaya dan keramahan lingkungan pengecilan koefisien gesek penyangga tidak menggunakan oli dan bahan kimia lainnya

Sebenarnya hanya kapal-kapal baru saja yang di launching, untuk kapal yang sudah beroperasi tidak akan di launcing hanya di lakukan repair di dok (kering/basah) kemudian di kembalikan ke laut dengan cara yang normal saja. Karena kapal baru maka di lakukan ship launching sekaligus untuk menunjukan kamampuan kapal. Konn pada zaman dulu sang perancang kapal biasanya membawa pistol di sakunya ketika proses launching berlangsung, perancang akan langsung bunuh diri bila setelah di launching kapalnya langsung tenggelam atau terbalik (ada-ada saja). Ini dikarenakan pada saat zaman dahulu pada proses pembuatan kapal dilaksanakan proses sekali jadi, jadi biasanya rancangan kapal adalah rancangan saat pertama kali di buat dan jarang sekali dilakaukan perancangan tambahan saat proses pembuatan sedang berlangsung. Berbeda sekalai pada saat ini, dimana dsain kapal selalu berubah-ubah mengikuti perkembangaan saat pembuatan, jadi kemungkinan kapal tenggelam saat peluncuran adalah sangat kecil.




ship launching zaman dulu gan ..

sekian makasih, semoga bermanfaat buat insan maritim Indonesia ..




sumber: materi kuliah ku
             www.google.com
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar